Tuesday, July 30, 2013

Masjid Raya Al Mashun, Salahsatu Bangunan Bersejarah Di Medan

WISATA RELIGI-Masjid terkemuka di Kota Medan ini berdiri sejak Agustus 1906 dan baru digunakan pertama kali pada 19 September 1909. Masjid Raya Al Mashun merupakan tempat wisata religi yang ramai dikunjungi bagi umat muslim. Dahulu Masjid Raya Al Mashun dibangun pada masa Pemerintahan Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah Ma’mun, Kesultanan Deli. Dekorasi bangunan dibuat dari Italia dan Jerman serta konon dulunya menjadi satu bagian dengan komplek Istana Maimun.
Pemerintah kota setempat hingga kini juga tetap berusaha menjaga bangunan tua yang bersejarah bagi kota Medan ini. Bila Anda datang ke Masjid Raya Al Mashun, Aura positif yang begitu kuat akan sangat terasa. Suasana religi yang sangat terbangun sebelum para pengunjung melewati gerbang yang bertuliskan “Anda Memasuki Kawasan Wajib Berbusana Muslim” dan dibawahnya dilengkapi 7 larangan yang berlaku di area komplek Masjid.
Masyarakat umum mengetahui bangunan bersejarah ini berlokasi di persimpangan jalan Sisingamangaraja dan jalan Masjid Raya. Lokasinya yang pas ditengah kota membuatnya dekat dengan berbagai fasilitas umum sehingga banyak wisatawan mengunjungi tempat ini. Hanya berjarak 3 KM anda juga bisa melihat vihara terbesar di kota Medan yang bernama Vihara Gunung Timur yang berlokasi di Hang Tuah No. 16, Medan.
Al-Mashun memiliki arti “dipelihara”, seperti namanya hingga hari ini Masjid Raya Al Mashun masih terawat dan dipelihara dengan baik. Bangunan ini merupakan bagian dari sejarah Kota Medan. Bila berlibur ke kota ini, Masjid Raya Al Mashun bisa menjadi salah satu pilihan wisata religi dan sejarah.
Masjid Al Mashun ini terkadang suka menjadi lokasi liputan dan dokumentasi untuk kebutuhan studi atau kebutuhan pribadi. Pada saat perayaan hari besar umat muslim seperti Idul Fitri, Masjid Raya Al Mashun juga ramai dikunjungi untuk menjadi tempat ibadah solat Ied. Bila Anda mengunjungi tempat ini, pastikan Anda tidak lupa untuk mengabadikannya.
Berikut galery fotonya :







Foto-foto bagian dalam Masjid








Trim;s PLH Indonesia, silahkan kunjungi web aku jg ya di http://www.yukpegi.com/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Masjid Raya Al Mashun, Salahsatu Bangunan Bersejarah Di Medan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad